4.9.15

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan

Saya cukup terkejut bahwa sampai di level SMA dan SMK, banyak yang masih belum paham tentang pembelajaran sederhana operasi penjumlahan dan pengurangan. What?! Itu kan pelajaran SD kelas... well saya lupa, yang jelas itu dasar sekali. Kalau sudah bertemu dengan tanda yang berbeda, sudah kacau lah itu hitungan. Saya benar-benar menyadari itu pas mengajar les privat. Kalau di sekolah sih nggak begitu kerasa, kan saya ngajarnya Fisika ya, operasi nggak sedetail di pelajaran Matematika.


Oke, barangkali langsung saja. Jadi, saya punya tips nih untuk memudahkan pemahaman tentang operasi penjumlahan dan pengurangan. Sebagai contoh, saya kasih soal dulu ya, yang mau menyimak silakan, supaya tahu bedanya bagaimana.


  1. 6 + 11 = ...
  2. 6 - 11 = ...
  3. 6 + (-11) = ...
  4. 6 - (-11) = ...
  5. -6 + 11 = ...
  6. -6 - 11 = ...

Nah, itu kan sederhana sekali ya, hanya ada angka 6 dan 11 dengan tanda operasi yang berbeda-beda. Lantas bagaimana cara mengerjakannya, saya punya beberapa prinsip.

  • Jika ada operasi tanda + dan tanda - maka, cara mengerjakannya: kurangkan angka yang nilainya paling besar dengan yang nilainya paling kecil. Tandanya mengikuti tanda yang angkanya besar.
  • Jika ada operasi tanda - dan tanda - (yang tandanya sama) maka, cara mengerjakannya: tambahkan kedua angka tersebut. Tandanya jadi - (kalau keduanya + ya nilainya jadi + juga). 
Bagaimana, mengerti nggak? Coba kita langsung bahas ya.

Untuk no 1 jelas sekali kan ya jawabannya? Berapa? Ya 17.

Untuk no 2 dan 5 coba perhatikan. Dengan cara poin pertama tadi, kita bisa mengerjakannya begini:

2. Angka yang besar adalah 11, jadi 11 dikurang 6. Hasilnya, 5. Tandanya? Ikut tanda yang angkanya besar. Yang angkanya besar itu kan 11, tanda di sebelah kiri 11 adalah - jadi, hasil kita adalah -5.

5. Pakai cara yang sama seperti no 2, bedanya adalah, tanda di sebelah kiri adalah + sehingga hasilnya adalah 5 (tanda + nya nggak usah disertakan).


Sekarang coba lihat no 3 dan 4. Itu kan di antara kedua angkanya ada tanda kurung. Prinsipnya, kalau + bertemu - tandanya akan berubah jadi - sehingga: 6 + (-11) = 6 - 11. Cara mengerjakannya, ikut prinsip yang di atas. 11 dikurang 6 sama dengan 5, tandanya ikut tanda yang 11. Hasilnya, -5.

Tapi kalau tandanya - bertemu - berubahnya jadi + sehingga: 6 - (-11) = 6 + 11. Hasilnya, 17.

Terakhir kita bahas soal no 6. Untuk mengerjakan yang ini, perhatikan prinsip poin kedua ya. -6 - 11, itu artinya kedua tandanya sama, maka angkanya kita tambah. 6 + 11 hasilnya? 17. Iya benar. Tapi tandanya ikut si tanda itu tadi. Karena tandanya - jadi hasilnya -17.


Jadi kalau kita tuliskan lagi hasil pekerjaan kita, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
  1. 6 + 11 = 17
  2. 6 - 11 = -5
  3. 6 + (-11) = 6 - 11 = -5
  4. 6 - (-11) = 6 + 11 = 17
  5. -6 + 11 = 5
  6. -6 - 11 = -17
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment