9.8.13

Hiasan Toples Lebaran dari Flanel

Assalamualaikum. Selamat Lebaran untuk semua.

Bermula dari keisengan mempercantik toples kue untuk lebaran, akhirnya jadi juga toples lebarannya dari kain flanel. Dan karena ternyata hasilnya cantik-cantik, jadi percaya diri deh untuk membuat tutorialnya. Disimak ya.

Sebelumnya, hal-hal yang perlu disiapkan adalah:

-Kain flanel beraneka warna
-Benang jahit (warnanya nggak harus sama dengan warna kain flanel)
-Jarum
-Gunting
-Lem Uhu (boleh juga pakai lem tembak, tapi kalau pakai Lem Castol, not recommended ya)
-Dakron (opsional, nggak pakai juga gak papa)

Berhubung tema toples saya kali ini adalah bunga mawar merah, maka kain flanelnya juga menyesuaikan warnanya. Merah untuk warna mawar, hijau stabilo untuk daun, krem untuk putik bunganya, dan hijau tua untuk dasar.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Gunting kain flanel berwarna hijau berbentuk daun, sebanyak tiga buah.


2. Gunting ujungnya menyerupai gerigi daun.


3. Gunting juga tengahnya sehingga menyerupai tulang daun.




4. Gunting kain flanel berwarna merah dengan bentuk lingkaran berdiameter 6 cm.
5. Potong lingkaran tersebut menjadi empat bagian sama besar (untuk dijadikan kelopak).
 6. Untuk satu buah mawar, dibutuhkan enam buah kelopak.


7. Jahit kelopak-kelopak (sebanyak enam buah kelopak) tersebut dengan menggunakan teknik jelujur. Menjahitnya sesuaikan dengan tepi keliling lingkaran ya.
8. Tarik jahitan tersebut sehingga kelopak-kelopak tadi membentuk bunga mawar. Kunci ujungnya.






9. Lakukan langkah yang sama (dari langkah 4-8) untuk kain flanel yang berdiameter 4 cm.
 10. Untuk membuat putik (bagian tengahnya) mawar, gunting kain flanel berwarna krem berbentuk lingkaran dengan diameter 2,5 cm.
11. Jeujur ujungnya, kemudian tarik.





12. Masukkan dakron ke dalam putik tersebut (kalau nggak ada, boleh pakai sisa potongan flanel yang tidak terpakai).


13. Kalau sudah menggelembung, kunci putiknya. Selipkan ke tengah mawar yang berukuran kecil, lekatkan dengan lem.


14. Siapkan tutup toples, apabila ingin memakai dasar, boleh digunting kain flanel warna dasar sesuai dengan ukuran atas tutup toples, kemudian dilem.
15. Susun daun diatasnya, kemudian lekatkan dengan menggunakan lem.


16. Susun bunga dasar (yang lebih besar), lekatkan dengan lem.



17. Susun bunga kecil ke tengah bunga yang besar (boleh diselipkan ke tengah yang bolong, boleh ditumpuk), dilem.
18. Tunggu lemnya kering.
19. Selesai ^^


Nah untuk toples yang bentuknya bulat pipih, boleh juga dirangkai seperti ini.





Semoga dapat membantu yaa ^^



Reaksi:

4 comments:

  1. Keren tuh. Mampir ke notesnikmal.blogspot.com ya.. :)

    ReplyDelete
  2. Aih kreatif banget mbak, bisa jadi ladang usaha loh, hehehe, keren :) tak coba dulu ya.

    ReplyDelete
  3. Nikmal : makasih udah mampir ya, nanti sy blogwalking kesana :)

    Bella : makasih hehe, saya suka2 aja kalau lg ada waktu senggang, kemaren pas lagi libur puasa... monggo dicoba, mudah kan ya :)

    ReplyDelete